Entri yang Diunggulkan

Di Sebuah Ranah

Saya menamainya   ranah   atau wilayah dalam arti seluas-luasnya di mana kebenaran dipersoalkan. Kebenaran dari yang mempersoalkan adalah k...

Kamis, 10 Januari 2013

Asal-Usul Kata dan Istilah


“Anda"

Kata ganti orang kedua tunggal ini sebenarnya nama orang. Kata ini pertama kali diperkenalkan oleh Kapten (AURI) Sobirin di harian Pedoman  tahun 1950-an. Kata ini digunakan sebagai padanan kata you dalam bahasa Inggris atau “U” dalam bahasa Belanda. Kata “kamu” tidak dapat digunakan dalam ragam resmi, sopan, seperti kata “you” atau “u” yang memang bentuk sopan. Ternyata kata “Anda” diambil dari nama penyanyi yang dikagumi Kapten Sobirin.


"Volt”,  “Ohm”, dan “Braile”
 
Kata-kata ini diambil berdasarkan ilmuwan yang menggelutinya.  Alessandro Volta (1745-1827) dari Italia untuk satuan tegangan listrik, volt dan GS Ohm (1789-1854) dari Jerman. Nama braile diambil dari pencipta huruf buat penyandang tunanetra  yaitu seorang guru Prancis, L Braille (1809-1852)

“Puasa” dan “Lebaran”

Selama ini mungkin kita bertanya2, dari manakah asal-usul kata “Puasa” dan “Lebaran” karena kedua kata ini ternyata tidak dikenal di bahasa Arab. Nah, menurut M.A. Salmun dalam artikelnya yang dimuat dalam majalah “Sunda” tahun 1954, kedua istilah tersebut ternyata berasal dari tradisi Hindu.
Menurut M.A. Salmun, “Puasa” berasal dari kata “Upawasa” yang berarti “menutup”, dengan kata lain menutup/menahan hawa nafsu. Oleh sebab itulah, padanan dari kata “Puasa” adalah “Buka”.
Begitu pula kata “Lebaran” berasal dari tradisi Hindu yang berarti “Selesai, Usai, atau Habis”. Menandakan habisnya masa “Puasa”.
Istilah-istilah ini mungkin diperkenalkan para wali agar umat Hindu yang baru masuk Islam saat itu tidak merasa asing dengan agama yang baru dianutnya. Selain itu, tradisi munggahan dan nyekar yang berasal dari Hindu juga masih dipraktikan hingga sekarang. 

"OK"

Kita mungkin sering mengucapkan kata "OK" atau "Okey". Tapi tahukah kawan darimana kata ini sebenarnya berasal? Kenapa kemudian kata itu memiliki makna menyetujui atau kata setuju akan ide lawan bicara.
Ada berbagai upaya untuk menjelaskan munculnya ungkapan ini, yang tampaknya telah menjadi penggunaan kata yang populer di AS mulai pertengahan abad ke-19 ini. Kebanyakan dari sejarahnya merupakan spekulasi. Hal yang belum dapat dibuktikan dengan bukti-bukti linguistik dan sejarah, ada spekulasi bahwa kata "OK" berasal dari ekspresi orang Skotlandia "och aye", atau ungkapan "ola kala" dari Yunani (yang berartu "baik"), atau kata dari Choctaw Indian "oke" atau "okeh" (yang berarti 'begitu') , atau kata Prancis "aux Cayes" ('Cayes', dari ungkapan sebuah pelabuhan di Haiti) atau "au quai" (asal dari kata 'to the quay', seperti yang diduga digunakan oleh orang Perancis), atau inisial dari agen angkutan kereta api yang bernama Obediah Kelly yang dikatakan telah menulis inisial "OK" pada dokumen-dokumen yang telah diperiksanya.

Namun ternyata, Penjelasan yang lebih mungkin adalah bahwa istilah "OK" berasal dari singkatan ORL korrekt, sebuah kesalahan ejaan (yang disengaja sebagai sebuah joke) dari makna 'semua benar' yang digunakan di Amerika Serikat pada tahun 1830-an. Referensi tertulis tertua dari penggunaannya yaitu digunakan sebagai slogan oleh partai Demokrat selama pemilihan Presiden Amerika 1840. Kandidat Presiden Martin Van Buren dijuluki 'Old Kinderhook' (nama tempat kelahirannya di New York), dan para pendukungnya saat itu membentuk sebuah club bernama 'OK Club'. Kemudian hal ini sangat membantu untuk mempopulerkan istilah "OK" meskipun akhirnya Van Buren tidak terpilih.

Teori yang lain yang juga diterima dan masuk akal adalah bahwa istilah "OK" berasal dari kalangan budak hitam asal Afrika Barat, kata tersebut bermakna 'baik-baik saja', atau 'ya' atau 'memang' yang terkandung dalam beragam bahasa Afrika Barat. Sayangnya, bukti-bukti sejarah asal dari ungkapan ini menjadi berakhir dan mungkin akan sulit untuk digali kembali.

Begitulah sepenggal teori yang ada tentang asal usul kata "OK", cuman masalahnya sekarang, dari mana simbol "OK" (diatas) itu berasal yah.. bingung lagi?


"Boikot" 

Kata ini berasal dari nama seorang tuan tanah Irlandia di County Mayo. Nama lengkapnya adalah Charles Cunningham Boycott (1832-1897). Ia diboikot pertama kali pada 1880. Ia dikucilkan dari masyarakat dan perdagangan, sehingga tidak ada orang yang bersedia menjual barang kepadanya atau membeli barang darinya. Juga tidak ada yang mau bekerja kepadanya (Van Dale, 1992: 439)


“Sadisme”
         
Donatien Alphonse François, Marquis de Sade (2 Juni 17402 Desember 1814) adalah bangsawan, penulis filsafat dan sering pornografi dengan kekerasan. Tulisan filsafatnya beraliran kebebasan ekstrem, tak terikat dengan etika, agama, atau hukum, dengan prinsip utama pengejaran kepuasan personal. Sade ditahan di beberapa penjara dan rumah sakit jiwa selama 29 tahun hidupnya, walaupun ia tidak pernah secara teknis didakwa melakukan kejahatan apapun. Sebagian besar karyanya dibuat sewaktu masa penahanan ini. Istilah "sadisme" diturunkan dari namanya.

 “Onani”

Onani terambil dari nama seorang tokoh dalam Alkitab yakni Onan. Kisahnya bias dibaca di Kitab Kejadian 38:9

Referensi: 

Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
http://achaqori.blogspot.com/2012/12/asal-mula-kata-ok.html
http://aleut.wordpress.com/2012/07/24/asal-usul-kata-puasa-dan-lebaran/
Majalah Intisari No. 475, Februari 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar